Bincang-bincang BBI Lintas Generasi,

Bincang-bincang BBI Lintas Generasi: Blogger Buku, Wanita Karier, dan Seorang Ibu

Friday, April 14, 2017 Puji P. Rahayu 2 Comments


Another day, another post!
Halo! Morning, Sunshine! Err, actually I don't know why I like use that words. Hemm, Ignore it!
Baiklah. Kembali lagi denganku kawan-kawan. Di suatu feature yang ku buat dalam rangka mengenal lebih jauh anggota BBI--komunitas tersayangku sekarang, yakni, BBI Lintas Generasi! Ulala! Berawal dari keinginan untuk mengenal para anggota BBI lebih jauh, akhirnya aku memutuskan untuk membuat feature ini. Setelah kemarin aku berkenalan dengan Lala yang merupakan angkatan 2017, aku beranjak untuk mengenal anggota BBI angkatan 2015. Loh, angkatan 2016-nya nggak ada? Ehm, gimana yaaa. Ada alasannya kok kenapa angkatan 2016 belum aku tayangkan. 


Jadi, untuk angkatan 2015 ini aku melakukan bincang-bincang lucu bersama salah seorang bloger buku yang cukup aktif. Dia sering banget ngadain blogtour dan juga giveaway. Pertama kali kenal sih dari media sosial dan honestly, belum pernah ketemu langsung meskipun berdomisili di daerah yang sama. Siapakah dia? 

RIZKY MIRGAWATI

Atau yang biasa dipanggil Kak Kiky
dari Ky's Book Journal
Berikut merupakan hasil percakapanku bersama Kak Kiky:

Aloha, Kak Kiky! Apa kabar?
Semoga baik dan sehat selalu. Nah, di kesempatan yang cukup membahagiakan kali ini, aku mau sedikit ngobrol-ngobrol nih bareng Kak Kiky yang paling sering muncul di timeline twitter aku. Hoho. Nah, ini ada beberapa pertanyaan nih, Mbak. Nggak banyak kok. Hehehe.

Perkenalan dulu dong, Kak! Siapakah Kak Kiky sebenarnya? Denger-denger, selain jadi blogger, Kak Kiky ini ternyata kerja dan juga jadi Ibu Rumah Tangga. Widih, bagi waktunya gimana tuh, Kaaak? 

Halo, Puji. Kenalkan aku Rizky Mirgawati, biasa dipanggil Kiky. Aku ibu rumah tangga sekaligus pegawai di salah satu instansi pemerintah di Jakarta. Aku juga sekarang merangkap jadi bloger buku kira-kira dua tahun terakhir ini. Bagaimana bagi waktu? Sebenarnya tidak ada yang khusus sih. Yang jelas prioritas utama keluarga. Senin-jumat aku bekerja, kemudian hari-hari diluar kerja aku jadi ibu rumah tangga biasa yang ngurus anak dan suami. Kalau ada waktu luang, aku ngeblog deh.

(Tapi menurutku kakak keren banget. Selalu update setiap hari padahal sibuknya luar biasa. Daebak!)

Nah, waktu aku berkunjung ke blog Kak Kiky, nama blognya berasa personal banget. Ky's Book Journal. Ada artinya nggak sih, Kak? Mau tahu doong.

Ky's Book Journal
Saat awal membuat blog buku, jujur bingung banget mau namain apa. Terus tiba-tiba saja nama Ky's Book Journal muncul. Jadi awal bikin blog buku itu ingin menuliskan review buku-buku yang kubaca, inginnya jadi semacam jurnal pengingat buku-buku yang sudah kubaca saja. Sekaligus berbagi kesan-kesanku tentang buku yang kubaca kepada para pembaca blogku, siapa tahu bisa jadi referensi bacaan.

(Sama, kak! Aku juga bingung dulu mau namain blogku apa :()

Terus, kalau aku lihat nih, Kak Kiky termasuk bloger yang aktif banget. Kayak, tiap hari pasti ada postingan blog tour dan giveaway. Bisa dijelaskan nggak kak gimana cara ngurusnya? Apa sih enak dan nggak enaknya jadi host blogtour gitu?

Awalnya membuat blog buku ini hanya buat pribadi saja, tetapi siapa menyangka jika tawaran untuk mereview atau menjadi host blogtour datang dari penulis/penerbit. Tentunya menjadi bonus luar biasa banget buat aku. Cara bagi waktunya, aku biasanya selama membaca sudah membuat semacam ringkasan cerita di handphoneku. Nanti tinggal dicopy-pastekan saja di blog dan diedit lebih rapi saja sih. Pokoknya aku memanfaatkan waktu saja sebaik mungkin. Tidak mau terlalu ngoyo juga. Sejauh ini sih, enaknya jadi host blog tour jadi punya banyak teman baru, dapat buku gratis yang memang jadi wishlist dan bisa berbagi kebahagiaan juga dengan teman-teman yang lain. Kalau tidak enaknya apa ya? Mungkin hanya kalau waktu membacanya mepet sedangkan aku lagi terkena reading slump bingung juga gimana caranya harus bisa membaca secepat mungkin :D Juga kalau buku yang ditawarkan bukan my cup of tea.

(Well, said. Memang demikianlah suka-duka menjadi host blog tour. Teman-teman yang mau coba jadi hot blog tour, banyak belajar ya ke Kak Kiky. Hoho.)

Berhubung Bebi mau ulang tahun, apa aja sih pesan dan kesan Kak Kiky selama bergabung di BBI? Terus, harapan ke depannya buat BBI apa sih, Kak?

Kesanku selama menjadi member BBI itu bahagia banget menemukan teman-teman yang punya hobi yang sama membaca dan bisa menemukan referensi bacaan-bacaan bagus diluar zona nyaman bacaku. Pesannya adalah semoga BBI makin berkembang dan terus menjadi komunitas membaca yang ramah dan seperti keluarga bagi anggotanya.

(True, that! Aku setuju sama kakak. BBI itu keluarga dunia maya yang asyik. *teteup disebut dimana-mana.)

Silakan beri komentar tentang saya ya, Kak. Tapi pliss banget yang baik-baik aja. Hahaha

Aku mengenal Puji P Rahayu malah bukan karena dia member BBI, tapi karena dia menjadi salah satu kontributor novel Yesterday in Bandung. Novel yang sampai sekarang masih menjadi peringkat teratas postingan terbanyak dibaca di blogku. Aku berharap semoga bisa ketemu dan ngobrol langsung di event perbukuan atau bisa membaca novel debutnya suatu hari nanti. Sukses terus ya, Puji. Aku tunggu novelmu loh :D

(Wah, boleh banget itu kak kita ketemu. Sesama domisili di Depok ini. Hohoho. Dan setiap aku ngobrol ma Kak Kiky, ujung-ujungnya ditagihin :( *melipir pergi *kabur. Heuheu. Terima kasih banyak Kak Kiky atas kesediaannya aku ajak ngobrol-ngobrol. Aku terharu saat kakak menyempatkan membalas surelku di tengah-tengah kerja :" Makasih banyak, Kak Kii).

***

Nah, dari perbincanganku di atas, dapat dilihat kalau menjadi blogger buku itu bisa memberikan keuntungan tersendiri buat kita. Mulai dari punya banyak temen, dapet buku gratis, hingga dipercaya oleh penulis atau penerbit tertentu untuk mempromosikan produk mereka. Menurut Kak Kiky, yang harus kita lakukan dalam menjaga keaktifan kegiatan nge-blog kita adalah, dengan membuat skala prioritas. Dengan demikian, kita nggak akan keteteran dalam mengurus kehidupan dunia nyata dan duni maya.

Yeay! Akhirnya selesai juga postingan BBI Lintas Generasi kali ini. Hemm, kira-kira siapa ya yang akan aku wawancara berikutnya? Tunggu saja postingannya :D

Sincerely,
Puji P. Rahayu

You Might Also Like

2 comments:

  1. Mba Kiky ini seakan dalam hidupnya satu hari bukan 24 jam, tapi 48 jam. La gimana, semuanya dikerjain. Saluuuttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Bintang. Setiap hari lihat timeline, Kak Kiky selalu ada. Hoho. Benar-benar luar biasa :D

      Delete