BBIHUT6,

BBI HUT 6 Marathon: Tujuan Wisata Literatur Impianku

Saturday, April 15, 2017 Puji P. Rahayu 4 Comments

Well, hari ini adalah hari terakhir dari rangkaian BBI HUT 6 Marathon! Yeay! *kalau nggak salah, tapi. Hehe xD

#BBIHUT6


Nah, untuk postingan terakhir ini, aku tertarik dengan tema Wishlist Destinasi Wisata Literatur (Literatourism). Sebelum aku membuat postingan ini, aku mencari dulu arti sebenarnya dari Literatourism. Berikut merupakan definisi dari literatourism yang berhasil aku temukan.

Literary tourism is a type of cultural tourism that deals with places and events from fictional texts as well as the lives of their authors. This could include following the route taken by a fictional character, visiting particular place associated with a novel or a novelist, such as their home., or visiting a poet's grave. Some scholars regard literary tourism as a contemporary type of secular pilgrimage. There are also long-distance walking routes associated with writers, such as the Thomas Hardy Way. -- Wikipedia.org

Hemm, menarik, kan? But, in someway, intinya adalah, wisata yang ada unsur perbukuannya. Untuk postingan kali ini, aku akan menggunakan definisi dari Wikipedia. *ceritanya udah lelah mikir. Hehe. 

Bailah, ini adalah beberapa wishlist untuk wisata literaturku. Yuk, disimak!

Aku tidak akan memungkiri kalau aku pengin banget ke sini. Sebagai pecinta Sherlock Holmes, otomatis tempat ini menjadi salah satu tujuan utamaku kalau aku melakukan wisata literatur. Konstruksi bangunan dan suasana yang terlihat nyata, membuatku penasaran banget sama museum ini.

Sumber gambar: visit London
2. Warner Bros. Studio Tour London - The Making of Harry Potter
London lagi? Kenapa enggak! Yap, untuk destinasi kedua adalah studio Warner Bros di London. Which is, surganya buat para pecinta Harry Potter! Ulala. Waktu aku ngelihat instagramnya Pottermore, pasti tempat ini muncul dan bikin aku pengin mengunjungi studio ini :" 

Sumber gamabar: Passrider
3. Gosho Aoyama Manga Factory
Setelah berandai-andai di London, sekarang giliran ke negara kepulauan di sebelah timur Asia. Apalagi kalau bukan Jepang. Baiklah, lagi-lagi aku harus mengaku kalau aku suka banget sama Detektif Conan. Jadi, museum yang didedikasikan khusus untuk Aoyama ini juga jadi salah sau wishlist-ku dalam berwisata buku. Di dalam museum, terdapat berbagai macam hal terkait karya dari Aoyama sendiri. Yang pasti, koleksi mengenai Detektif Conan akan mendominasi museum ini :D

Penampakan depan dari Gosho Aoyama Factory. Sumber gambar: Detective Conan World.
4. Museum Kata Andrea Hirata
Jadi, kebetulan kemarin temen aku lagi ada Kuliah Lapang ke Belitung. Terus, dia sempet main ke Museum Kata-nya Andre Hirata. Waktu aku lihat foto-fotonya di instagram, cantik banget :" Jadi pengin ke sana. Huhu. Museum ini diklaim sebagai museum literatur pertama yang ada di Indonesia. Wow!

Museum Kata Andrea Hirata. Sumber gambar: museumkataandreahirata.com
Nah, sudah. Empat destinasi saja yang kucantumkan. *karena malas cari gambar dan udah lieur. Sebenernya sih, banyak banget tempat yang aku kunjungi dalam rangka wisata literatur. Tapi, ini saja dulu. Hoho.

Kalau kalian bagaimana? Tempat apa yang akan kalian jadikan destinasi untuk wisata literatur? Let me know, ya.

Sincerely,

Puji P. Rahayu.

You Might Also Like

4 comments:

  1. Aku pengen ke Istanbul, kotanya Orhan Pamuk penulis favoritku :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Boleh juga tuh, mbak. Hoho.
      Noted.

      Delete
  2. Aku mau yang Harry Potter, huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Kaaak. Kita ke sanaaaa. *nabung duluu.

      Delete