3.5 Bintang,

Fantastic Beasts & Where to Find Them (Hewan-hewan Fantastis & Di Mana Mereka Bisa Ditemukan) by Newt Scamander | Book Review

Tuesday, September 27, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Fantastic Beasts & Where to Find Them
Hewan-hewan Fantastis & Di Mana Mereka Bisa Ditemukan
"Pemahaman yang sepotong-potong sering kali lebih berbahaya daripada ketidaktahuan."

By Newt Scamander
3.5 of 5 stars

Image source: goodreads.com
Judul asli     : Fantastic Beasts & Where to Find Them
Penulis        : Newt Scamander a.k.a J.K. Rowling
Genre         : Fantasi
Alih bahasa : Komalawati Suhendra
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Oktober, 2015. Cetakan kesepuluh.
Tebal buku  : 136 halaman
ISBN          : 979-602-03-1827-1
Harga          : Rp45.000,- di TM Bookstore, Depok Town Square.

Hampir setiap rumah para penyihir di seluruh negeri pasti memiliki satu eksemplar buku Fantastic Beasts and Where to Find Them—Hewan-Hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan. Kini hanya untuk waktu terbatas, Muggle juga mendapat kesempatan untuk mengetahui di mana Quintaped hidup, apa yang dimakan Puffskein, dan mengapa jangan sampai menyisakan susu untuk Knarl. Hasil penjualan buku ini akan disumbangkan pada Comic Relief, yang berarti rupiah dan Galleon yang kautukar dengan  buku ini akan melakukan sihir melampaui kekuatan penyihir mana pun. Jika kau merasa ini bukan alasan yang cukup kuat bagimu untuk berpisah dengan uangmu, aku hanya bisa berharap para penyihir yang lewat merasa berbuat lebih baik jika mereka melihatmu diserang Manticore.


Info lebih lanjut dapat dibaca di:

Fantastic Beasts merupakan bentuk ensiklopedia yang disusun oleh Newt Scamander, seorang lulusan Hogwarts yang berkeliling dunia untuk memahami lebih lanjut mengenai hewan-hewan fantastis. Dalam buku setebal 136 halaman ini, Scamander memaparkan berbagai hewan yang ia temui secara alfabetis. Beberapa hewan sudah kita kenal di serial Harry Potter. Mulai dari Acromantula, Basilisk, dan Pixie. Sedangkan, yang lainnya merupakan hewan-hewan yang belum kita kenal.
Awal aku tertarik membeli buku ini karena film Fantastic Beasts akan tayang November nanti. Yeay! Aku senang sekali. Apalagi, trailer dari Fantastic Beasts cukup menarik hati. Well, sebenarnya aku berharap isi dari buku ini adalah cerita singkat atau apapun itu lah namanya. Nyatanya, buku ini hanya sekadar ensiklopedia. Aku sedikit kecewa awalnya. Akan tetapi, setelah aku baca lebih jauh, aku begitu kagum dengan J.K. Rowling.

Kenapa aku bisa kagum?

Alasannya sederhaan. Menurutku Rowling telah berhasil menciptakan dunianya sendiri. Semua hewan yang dipaparkan dalam buku ini terasa sangat nyata. Aku kagum karena imajinasi Rowling yang begitu luar biasa. Bagaimanapun, menciptakan dunia rekaan sedetail itu bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, Rowling berhasil menciptakannya.

Image source: google.com
Lalu, dari seluruh hewan yang dipaparkan, yang paling aku ingat adalah Quintaped. Aku nggak  bisa membayangkan sih kalau mereka benar-benar adalah penyihir yang bertransfigurasi. Selamanya mereka terjebak dong dalam tubuh hewan dong? 

Setidaknya, membaca buku ini membuatku senang bukan main. Aku bisa bernostalgia dengan dunia sihir karena buku ini. 

3.5 bintang untuk Newt Scamander yang berhasil menysusun buku yang fantastis ini.

You Might Also Like

0 comments: