My Opinion,

Tempat Saya (Dulu) Membaca Buku | Posting Bareng BBI

Friday, September 30, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Aloha! 

Tak terasa satu bulan sudah berlalu dan waktunya posting bareng BBI. Hore! Nah, untuk tema bulan September ini, tema yang diangkat adalah #BBITempatBaca. Wah, menarik banget kan, ya? Pasti seru nih bahas tempat baca yang enak kayak gini. Hoho.

Berhubung aku lagi nggak punya ide yang ciamik dan lagi nggak mau nge-foto kamar kosan sebagai tempat baca, soalnya berantakan dan agak nggak layak posting, aku mau share tempat-tempat yang aku gunakan sebagai tempat baca semasa aku tinggal di Malang. Yap, sekalian promosi lah ya. Hoho.

0 comments:

3 Bintang,

The Life and Adventures of Santa Claus (Kisah Hidup dan Petualangan-petualangan Santa Claus) by L. Frank Baum | Book Review

Friday, September 30, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

The Life and Adventures of Santa Claus
Kisah Hidup dan Petualangan-petualangan Santa Claus
"emang benar, banyak pejuang besar, raja-raja hebat, dan cendekiawan-cendekiawan yang sering pula dibicarakan orang; tetapi tidak ada satu pun yang begitu disayang seperti Santa Claus, sebab tidak ada yang seperti dirinya, mengabdikan hidupanya untuk membuat orang-orang lain bahagia. hlm. 111

By L. Frank Baum
3 of 5 stars

Image source: goodreads
Judul asli                             : The Life and Adventures of Santa Claus
Genre                                   : Fantasi, children book
Alih bahasa                          : Tanti Lesmana
Desain dan ilustrasi sampul : Ratu Lakhsmita Indira
Penerbit                                : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit                          : 2014
Tebal buku                           : 152 halaman
ISBN                                    : 978-602-03-1128-9
Harga                                   : Rp31.500,- di TM Bookstore, Depok Town Square


Suatu hari di Hutan Burzee. Ak yang Agung, Penguasa Hutan-Hutan di dunia, menemukan bayi manusia. Tanpa pertolongannya, bayi itu tentu sudah dimangsa singa. Necile, si peri-hutan, merawat bayi itu dan menamainya Claus. Dan dia hidup damai bersama para penghuni hutan.

Ketika Claus semakin dewasa, dia merasa harus kembali ke dunia manusia. Hatinya tersentuh ingin membahagiakan anak-anak yang dilihatnya. Dia pun mulai membuat mainan, dan membagikannya. Namanya semakin dikenal dan anak-anak menyayanginya, sebab dia sahabat mereka. Tetapi jalannya tidak selalu mulus. Ada makhluk-makhluk hutan yang tak senang dan berusaha menghalangi, bahkan mencelakai Claus.


Informasi lebi lanjut dapat dibaca di:

Membaca buku anak menjadi salah satu hal yang aku sukai. Kenapa? Selain serasa bernostalgia, membaca buku anak tidak terlalu membutuhkan kondisi otak yang prima. Haha. Intinya sih, membaca buku anak serasa membaca bacaan santai yang bisa membuat otak lebih relaks. Tentunya, The Life and Adventures of Santa Claus bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bersantai.

0 comments:

3.5 Bintang,

Fantastic Beasts & Where to Find Them (Hewan-hewan Fantastis & Di Mana Mereka Bisa Ditemukan) by Newt Scamander | Book Review

Tuesday, September 27, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Fantastic Beasts & Where to Find Them
Hewan-hewan Fantastis & Di Mana Mereka Bisa Ditemukan
"Pemahaman yang sepotong-potong sering kali lebih berbahaya daripada ketidaktahuan."

By Newt Scamander
3.5 of 5 stars

Image source: goodreads.com
Judul asli     : Fantastic Beasts & Where to Find Them
Penulis        : Newt Scamander a.k.a J.K. Rowling
Genre         : Fantasi
Alih bahasa : Komalawati Suhendra
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Oktober, 2015. Cetakan kesepuluh.
Tebal buku  : 136 halaman
ISBN          : 979-602-03-1827-1
Harga          : Rp45.000,- di TM Bookstore, Depok Town Square.

Hampir setiap rumah para penyihir di seluruh negeri pasti memiliki satu eksemplar buku Fantastic Beasts and Where to Find Them—Hewan-Hewan Fantastis dan Di Mana Mereka Bisa Ditemukan. Kini hanya untuk waktu terbatas, Muggle juga mendapat kesempatan untuk mengetahui di mana Quintaped hidup, apa yang dimakan Puffskein, dan mengapa jangan sampai menyisakan susu untuk Knarl. Hasil penjualan buku ini akan disumbangkan pada Comic Relief, yang berarti rupiah dan Galleon yang kautukar dengan  buku ini akan melakukan sihir melampaui kekuatan penyihir mana pun. Jika kau merasa ini bukan alasan yang cukup kuat bagimu untuk berpisah dengan uangmu, aku hanya bisa berharap para penyihir yang lewat merasa berbuat lebih baik jika mereka melihatmu diserang Manticore.


Info lebih lanjut dapat dibaca di:

Fantastic Beasts merupakan bentuk ensiklopedia yang disusun oleh Newt Scamander, seorang lulusan Hogwarts yang berkeliling dunia untuk memahami lebih lanjut mengenai hewan-hewan fantastis. Dalam buku setebal 136 halaman ini, Scamander memaparkan berbagai hewan yang ia temui secara alfabetis. Beberapa hewan sudah kita kenal di serial Harry Potter. Mulai dari Acromantula, Basilisk, dan Pixie. Sedangkan, yang lainnya merupakan hewan-hewan yang belum kita kenal.

0 comments:

4 Bintang,

Detektif Conan Volume 89 by Aoyama Gosho | Manga Review

Friday, September 23, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Detektif Conan Volume 89
"Kalau begitu, mestinya kau hanya perlu tetap pada keyakinanmu dan berusaha lebih keras untuk membalasnya."Chiba.

By Aoyama Gosho
4 of 5 stars

Judul asli         : Meitantei Conan Vol. 89
Alih bahasa     : Nein
Editor             : Binarti
Foto sampul    : Nining
Desain sampul : @.Bach
Penerbit          : Elex Media Komputindo
Tahun terbit     : 2016
ISBN             : 978-602-02-9301-1
Harga             : Rp20.250,- di TM Bookstore, Depok Town Square.

"Daftar orang-orang yang telah dipaksa meminum APTX 4869, obat beracun organisasi.

Siapa orang tak terduga yang terdaftar di 2 kolom d bawah nama Shinichi Kudo!?
Selain itu juga terdapat penyelesaian ""Kasus Pembunuhan Girls Band"" yang juga berhubungan dengan masa lalu Amuro dan Sera, 'Kasus Mencari Barang Yumi' dan 'Kasus Pusat Perbelanjaan' yang melibatkan grup detektif cilik secara aktif, serta kisah pangejaran Detektif Chiba dalam 'Kasus UFO'!"


Informasi lebih lanjut dapat dibaca di:

Lagi-lagi, sebagai pecinta Detektif Conan, aku rela mencari-cari komik ini. Meskipun bertahun-tahun sudah berlalu dari volume pertama, bahkan serasa seperti sinetron karena nggak kelar-kelar, aku malah semakin kepo dengan Detektif Conan. Aku benar-benar penasaran dengan siapa dalang di balik Organisasi Hitam.

0 comments:

4 Bintang,

The Chronicles of Audy O2 by Orizuka | Book Review

Friday, September 23, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

The Chronicles of Audy O2
"Kalau dipikir-pikir, kalian ini... mirip oksigen, ya. Selalu ada, tapi baru kerasa penting waktu nggak ada." Romeo, hlm. 283.

By Orizuka
4 of 5 stars

Image source: here
Penyunting                            : Yuli Yono
Cover desainer dan ilustrator : Bambang 'Bambi' Gunawan
Proofreader                          : KP. Januwarsi
Genre                                   : Roman, drama
Penerbit                                : Penerbit Haru
Tahun terbit                           : Juli 2016, cetakan kedua.
Tebal buku                            : 364 halaman
ISBN                                    : 978-602-7742-86-4
Harga                                : Rp63.900,- di TM Bookstore, Depok Town Square.

Hai. Namaku Audy. Umurku masih 22 tahun. Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai cowok yang kusukai memutuskan untuk meneruskan sekolah ke luar negeri. Ketika aku sedang berpikir tentang nasib hubungan kami, dia memintaku menunggu. Namun ternyata, tidak cuma itu. Dia juga memberikan pernyataan yang membuatku ketakutan setengah mati! Di saat aku sedang kena galau tingkat tinggi, masalah baru (lagi-lagi) muncul. Seseorang yang tak pernah kulirik sebelumnya,sekarang meminta perhatianku! Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang sepertinya selalu ribet. Kronik dari seorang Audy.

Info lebih lanjut dapat dibaca di:

Yeay. Akhirnya aku berhasil membeli salah satu novel yang pengin aku baca setelah membaca novel terakhirnya. Yap. The Chronicles of Audy: O2 berada pada list pertama di Wishful Wednesday yang aku buat. Jujur saja, aku senang bisa menyelesaikan kisah 4R1A dengan sukses. Aku sukses dibuat baper dan pengin terus baca kisah Audy sampai akhir oleh Orizuka.

0 comments:

3,

The School for Good and Evil #2: Dunia Tanpa Pangeran by Soman Chainani | Book Review

Tuesday, September 20, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

The School for Good and Evil #2
Dunia Tanpa Pangeran
"Semua kisah dongeng bisa diputarbalikkan demi mencapai suatu tujuan."--hlm. 200.

By Soman Chainani
3.5 of 5 stars

Judul asli          : The School for Good and Evil 2: A World Without Prince
Ilustrasi             : Iacopo Bruno
Genre               : Fantasy, Young Adult, Middle Grade.
Pengalih bahasa : Kartika Sofyan
Penyunting         : Agatha Tristanti
Desain               : Yanyan Wijaya
Tebal buku        : 512 halaman
Tahun terbit       : Juni 2015, Cetakan kedua.
Penerbit             : Bhuana Sastra (Imprint dari PT. BIP)
ISBN                 : 978-602-249-949-7
Buntelan dari penerbit.

Sophie dan Agatha telah berhasil pulang ke Gavaldon, menjalani "bahagia selamanya" versi mereka. Namun, hidup tak seperti dongeng yang mereka harapkan. 



Agatha diam-diam berharap seandainya ia memilih akhir bahagia yang lain bersama pangerannya. Permohonan rahasia itu membuka kembali pintu menuju Sekolah Kebaikan dan Kejahatan. Tak disangka, dunia yang dulu pernah ia ketahui bersama Sophie ternyata telah berubah. 

Penyihir dan putri, tukang tenung dan pangeran, bukan lagi musuh. Ikatan baru telah terbentuk, menghancurkan hubungan lama. Namun dibalik hubungan yang rumit antara Kebaikan dan Kejahatan ini, perang sedang dipersiapkan. Musuh yang sangat berbahaya tersembunyi dibalik topeng wajah yang mereka kenal. Saat Agatha dan Spohie berjuang untuk memulihkan kedamaian, sebuah ancaman tak terduga bisa menghancurkan segalanya dan semua orang yang mereka cintai. kali ini, ancaman itu datang dari dalam diri mereka sendiri. 


Informasi lebih lanjut dapat dibaca di:


Well, first thing first. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Mbak Dian yang menawariku untuk meresensi buku kedua dari seri The School for Good and Evil. Sejak pertama kali aku membaca tulisan Soman Chainani ini, aku penasaran dengan akhirnya. Bisa dibilang, akhir dari seri satu memang cukup menggantung. Bahkan, masih banyak misteri yang tersimpang. Alhasil, saat aku ditawari untuk meresensi buku ini, aku langsung bersemangat untuk menerimanya. Bahkan, aku mencoba untuk menyelesaikan membaca buku ini di tengah-tengah kesibukanku mengerjakan tugas di semester lima.

0 comments:

Donna Widjajanto,

Penari Kecil by Sari Safitri Mohan | Book Review

Thursday, September 15, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Penari Kecil
"Kita nggak perlu kaya raya untuk bahagia." --Tamara, hlm. 347.

By Sari Safitri Mohan
3.5 of 5 stars

Image source: Goodreads.com
Editor              : Donna Widjajanto
Desain sampul : Eduard Iwan Mangopang
Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit     : Februari 2013
Tebal buku      : 384 halaman
ISBN               : 978-979-22-9158-2
Genre              : Drama, roman
Harga buku  : Rp25.000,- di TM Bookstore, Depok Town Square

Ira anak bungsu Ibrahim, pengusaha tailor yang galak dan keras. Berbeda dengan si sulung yang selalu patuh, sejak kecil Ira tetap berusaha mematuhi peraturan atau larangan sang ayah tapi dengan sedikit “penyesuaian” di sana-sini demi tetap mendapatkan yang ia mau.

Larangan sang ayah ditujukan pada kecintaan Ira menari, perkawanannya dengan teman lelaki, hingga larangan yang berbenturan dengan apa yang begitu diingini Ira. Bagaimana Ira menjalani hidup dengan semua kungkungan dan larangan ayahnya? Dapatkah akhirnya Ira menari sesuai dengan musik pengiring yang diingininya sendiri?

Penari Kecil memasukkan benturan nilai-nilai tradisional dengan nilai-nilai modern, cinta anak pada orangtua, dan unsur-unsur kemanusiaan universal.
 

Informasi lebih lanjut dapat dibaca di:

Novel yang cukup mengejutkan. Aku sama sekali tidak menyangka kalau novel ini memiliki daya tarik tersendiri. Awalnya, aku berpikir bahwa novel ini sekadar novel roman biasa. Nyatanya, berbagai nilai moral dipertentangkan dalam novel ini. Tak heran bila banyak yang menyatakan bahwa novel ini kaya akan nilai moral dan pembelajaran.

0 comments:

Weekly Meme,

Wishful Wednesday 4 - Wizarding World and international Relations

Wednesday, September 07, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Wishful Wednesday merupakan meme mingguan yang diselenggarakan oleh Books to Share. Dalam meme ini, kita dibebaskan untuk membuat wish buku apa yang kita ingin punya. Boleh buku yang memang akan kita beli atau buku yang menjadi wishlist kita yang sulit didapat.


Halo!
Kembali lagi dengan harapan-harapanku di hari Rabu. Sebenernya, ini tuh udah minggu-minggu awal aku kuliah. Yang membuatku cukup heran adalah, tugasku nggak seabrek waktu semester empat. Hem. Apakah ini keuntungan karena aku memilih salah satu cluster? Entahlah.

Oke. Berhubung aku sedang berjiwa akademis, enggak juga sih sebenernya, aku lagi pengin punya salah satu buku yang fenomenal. Apa itu? Yap, Harry Potter and International Relations.

0 comments:

3 Bintang,

Jump by Moemoe Rizal | Book Review

Friday, September 02, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Jump
"Lain kali kalau sedang berorganisasi, ikuti aturan yang berlaku. Jangan suka seenaknya sendiri." Casablanca, hlm. 82.

By Moemoe Rizal
3 of 5 stars

Sumber: goodreads.com
Genre                     : Fiksi remaja
Editor                    : Samira
Proofreader    : Resita Wahyu Febiratri dan Christian Simamora
Penata letak           : Dian Novitasari
Desain sampul       : Jeffri Fernando
Penerbit                 : Gagasmedia
Tahun terbit           : 2011, cetakan pertama
Tebal buku             : vi+374 halaman
ISBN                     : 979-780-512-3
Harga buku           : Rp19.000,- di TM Bookstore, Depok Town Square.

One-two-three-four, we’re the best cheers on the floor!
Five-six-seven-eight, we’re the prettiest, ready to fight!
Fight! Fight! Fight! We’re saying it right!
Cheer! Cheer! Cheer! We own the atmosphere!
C-C-C-CHEERLEADERS!

Akui saja, cewek berseragam cheerleader SELALU terlihat tiga level lebih keren daripada cewek-cewek jelata lainnya. Belum lagi rambut indah, bodi oke, dan kaki langsing seperti supermodel—helloooo..., cowok mana sih yang sanggup menolak pesonamu?

Dan, saat akhirnya resmi bergabung dengan squad, kamu juga otomatis menjadi populer. Nggak usah heran kalau teman mendadak bertambah banyak di akun Facebook dan Twitter-mu. Orang yang tak pernah kamu ajak mengobrol, tahu-tahu menyapamu saat berpapasan di kantin. They practically worship you, adore you. Nggak heran, kamu kan the next it girl?

Sayangnya, nggak seorang pun pernah bercerita seperti apa hidup setelah menjadi populer. Kamu terpaksa harus mengakui, tak sedikit orang yang iri padamu. Setiap kau membalikkan badan, orang-orang pasti menggosipkanmu. Mereka berharap bisa menjatuhkanmu, mempermalukanmu. Satu skandal dan, voilà, kamu jadi bahan tertawaan selama berminggu-minggu.

But here you are. Tak peduli seperti apa orang membencimu, menikammu diam-diam dari belakang, kau akan tetap berdiri di puncak piramida dengan pom pom di kedua tangan. Suck it up, Darling, you are a cheerleader.

Nggak semua cewek bisa seperti dirimu.


Informasi lebih lanjut dapat dilihat di:

Pada akhirnya, aku berhasil membaca salah satu karya Moemoe Rizal yang cukup terkenal. Yap, Jump merupakan salah satu novel Moemoe yang ingin kubaca dari dulu. Tanpa sengaja saat aku berkunjung ke TM Bookstore, aku menemukan novel ini. Tentunya, langsung aku bawa ke kasir dan kubayar.

Menurutku, Jump adalah jenis novel yang asyik untuk dibaca. Moemoe berhasil menghadirkan informasi yang cukup mendetail tentang kehidupan anak SMA kala itu, beserta dengan istilah-istilah cheerleading yang pastinya bikin pusing itu. Syukurnya, Moemoe berhasil mengolah penjelasannya dengan seru dan asyik. Bahkan, aku curiga kenapa Moemoe bisa seluwes itu menjelaskannya.

0 comments: