Book Review: The Lunar Chronicles #4 Winter - Marissa Meyer

The Lunar Chronicles #4 Winter
She's so beautiful and admired by her citizen, but, her stepmother hate her because of her beuaty.

by Marissa Meyer

4 out of  5  stars

Image Source: Goodreads
Title: Winter
Series: The Lunar Chronicles
Author: Marissa Meyer
Pages count: 635 pages
Language: English
Genre: Young Adult, Fantasy, Romance
Publisher: Faiwel and Friends
Year of publish: 2015
ISBN: 978-1-250-06875-0

Princess Winter is admired by the Lunar people for her grace and kindness, and despite the scars that mark her face, her beauty is said to be even more breathtaking than that of her stepmother, Queen Levana.
Winter despises her stepmother, and knows Levana won't approve of her feelings for her childhood friend--the handsome palace guard, Jacin. But Winter isn't as weak as Levana believes her to be and she's been undermining her stepmother's wishes for years. Together with the cyborg mechanic, Cinder, and her allies, Winter might even have the power to launch a revolution and win a war that's been raging for far too long.
Can Cinder, Scarlet, Cress, and Winter defeat Levana and find their happily ever afters? Fans will not want to miss this thrilling conclusion to Marissa Meyer's national bestselling Lunar Chronicles series.

More Info:

It's been a while since I was addicted with some series. This series--The Lunar Chronicles--is a definition of an addictive series for me. It was just like marijuana. I just couldn't put it down when I red it. Of course, this is too much. LOL.

Going back to the third book, Cinder and the Rampion Crew had been success to kidnap Kai from the wedding ceremony. Ugh, I didn't know what would happen if Kai and Levana was literally married. It would be a big disaster for the earth. After the explanation of Cinder's Plan to claim her throne, Kai agreed to help. Well, actually, all of them didn't have any choice. That's why, the plan had to be as smooth as they thought. Although, the Rampion Crew was not completed. Sybil Mira had been kidnap Scarlet and it made Wolf unstable. Then, Thorne became blind because of a hard knock in his head. With this condition, Cinder tried as much as possible to be confident and could defeat Levana. 

On the other hand, there was a young princess that lived in Artamesia. She was very beautiful and everyone admit it. Of course because of jelousy, Levana decided to destroy the beauty. There was some scar in the princess' face. Her name was Winter. She was a kind princess. She was very lovely and as a Lunar, Winter tried to not use her ability. Because of that, sometime she became mad. Fortunately, there was Jacin, Winter's guard and childhood friend. Then, they had feeling for each other. Sadly, Levana didn't accept this. Even, she accepted what Thaumaturge Aimery proposal to marry Winter. Ugh, what a bad mother she is!

Image source: pinterest, edited by me
I have to admit that Winter is more thrilling then the other three books. Containing 635 pages, the journey in this fourth book was very long and quite unexpected. Although I could feel the struggle of Cinder to gain trust from the Lunar citizen, I felt that Cinder's way was too much easy. Ahh, I have to admit too that I could feel some missing link in the story. Even though I didn't know what is that. As a retelling Snow White Story, I should appreciate what Meyer's do. It's really amazing to know how Meyer execute her story. It was really amazing. I didn't regret it.

Then, about the cover, I really love it. I have to emphasize it. I really like the design. It was simple but cool. I wonder who is the designer. Although this book is quite thick, I could read it only in two days. LOL. Maybe I could do that because I was very curious with the story! 

Ehm, I have to tell you also, that this book is not only about action or thriller event or what. But, this book is a romance too. You could find the relationship between Winter-Jacin, Scarlet-Wolf, Cress-Thorne, and of course Cinder-Kai. I was a little bit annoyed when Kai finally marry Levana. Ugh, I hate that ceremony. It was disgusting... I wonder, how much old Levana is? Sigh.

After all, this book is still interesting and worth it to read.

Sincerely,

Puji P. Rahayu

Book Review: The Lunar Chronicles #3 Cress - Marissa Meyer


The Lunar Chronicles #3 Cress
Hey, Rapunzel! Could you down your hair for now? I need it!

by Marissa Meyer

3.5 of stars

Image source: Goodreads.
Title: Cress
Series: The Lunar Chronicles
Author: Marissa Meyer
Publisher: Faiwel and Friends Book
Year of publish: 2014
Number of pages: 468
ISBN: 978-1-250-05318-3


In this third book in Marissa Meyer's bestselling Lunar Chronicles series, Cinder and Captain Thorne are fugitives on the run, now with Scarlet and Wolf in tow. Together, they're plotting to overthrow Queen Levana and prevent her army from invading Earth.

Their best hope lies with Cress, a girl trapped on a satellite since childhood who's only ever had her netscreens as company. All that screen time has made Cress an excellent hacker. Unfortunately, she's being forced to work for Queen Levana, and she's just received orders to track down Cinder and her handsome accomplice.

When a daring rescue of Cress goes awry, the group is splintered. Cress finally has her freedom, but it comes at a higher price than she'd ever expected. Meanwhile, Queen Levana will let nothing prevent her marriage to Emperor Kai, especially the cyborg mechanic. Cress, Scarlet, and Cinder may not have signed up to save the world, but they may be the only hope the world has.


More info:

Cress is the third book of The Lunar Chronicles written by Marissa Meyer. If Cinder is a retelling of Cinderella and Scarlet is The Red Riding Hood, Cress itself is a retelling of Rapunzel. Yeah, if you know the story about Rapunzel, you would remember a girl with a long-blonde-hair. She was living in some tower that have no neither windows nor stairs. She lived alone and no one know her existence. Only her 'aunt' who always came to her. Who is her parents? She didn't know too.

Well, in my opinion, there is no much differentiation between Rapunzel and Cress. You just have to change the tower into satellite. Then, the ability of painting changed into hacking. Wow! No one would expect that Rapunzel in the third era is a hacker and abandoned in a space satellite. Her name is Cress. Since she is child, she had been separated from her parents because she is a shell. For Lunars, shell is very dangerous. Moreover, the parents of Queen Levana--the Lunars Queen--has been killed by a shell. But, because of her ability, Cress could gain some trust from Thaumaturge Mira. After that, Thaumaturge Mira took Cress into a space satellite and give her many missions to keep Lunars sovereignty.

Starting from some communication that has been made between Cress and Cinder, finally Cinder took a decision to safe Cress. Although there are some reluctance from the Rampion Crew, but in the end, they accept what Cinder's want. After they prepared the plan, Cinder told Cress and made sure that she had to be ready. The thing that was never expected is the appearing of Sybil Mira in Cress' satellite. So, what would happen, then? Is Cress would be safe? Please read this book to find out.

Image Source: Claire Keane, edited by me
For me, this book is a little bit slow if I compare it to the other two. Why I said like that? Because, in this book there were three scenes that would be appear, first, the Rampion crew condition; second, the journey of Thorne and Cress in Dessert; and three, the preparation of Kai Wedding with Levana--well, poor Kai! Okay, actually I would not complain about the way Meyer show the character's condition, but, I think that there are some parts that really slow, very slow indeed. Sigh. I try to enjoy it as much as possible, but I still could feel it.

But, although I said that this book has a slow plot, I think I should appreciate the way Meyer made the plot. It's very unexpected. Well, I have to admit that the last part of this book is not in my prediction. Great for that! Thanks for the plot 'twist'! Ehm, okay. It's not necessarily twist, but somehow I couldn't predict it. 

Then, from the story itself, I really like it. How Cress, Thorne, Scarlet, Wolf, Cinder, and, even, Kai, interact. In someway, I find their oh-so-sweet moment. It made me giggle when I read it. One thing that you should know is, I red this book in the middle of my mid test. Why? Because I am really curious with the story. I am really eager to kill Levana because of her greediness. She is a bad queen after all. I hate her so much. I just couldn't keep my self to calm when Kai proposed her. Eugh! I hate this moment. But, I think I know what Kai felt. He has so many burden to make his citizen's happy and prosper. Ehm, but again, I have to agree with Cinder, marrying Levana is not the best solution at all. She would kill Kai after she gain the status of east commonwealth's empress. I am really agree. 

Well, then, even there are so many hatred appeared because of Levana, I have to be happy because of Cress and Thorne relationship is really cute.  Their journey in the dessert is quite exhausting but make them close to each other. Yeay!

By the way, I still love the cover. It's simple but collect-able. Lol. Okay then, if you want to read some Young Adult novel with unordinary retelling story, The Lunar Chronicles could be best for you. Don't forget to read the first and the second book. I am ensure you that you will not regret it.

Bye in another review.

Sincerely, 

Puji P. Rahayu

BBI 6th Birthday Giveaway Hop: Grateful Birthday Giveaway!

Aloha!
Kembali lagi dengaku di postingan lanjutan untuk event BBI. Tapi kalau untuk yang sekarang ini, aku mau bagi-bagi rezeki untuk kalian para pembaca. Hoho! Apa itu? Sabar ya, aku mau curhat dulu sebelum ngasih tahu hadiahnya apa.

#BBIHUT6
Jadi begini, pada dasarnya, selain untuk memeriahkan ulang tahun BBI yang ke-6 ini, aku mengadakan giveaway juga sebagai rasa syukurku kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, ulang tahunku dan Bebi tidak terpaut jauh. Hanya berbeda lima hari saja. Bebi di tanggal 13 sedangkan aku di tanggal 8. Hoho. *I love April! Maka dari itu, giveaway ini kuadakan sekalian aku syukuran. Syukuran karena aku masih mendapatkan tambahan umur dan juga untuk kesejahteraan BBI tersayang. Selain itu, Giveaway ini juga merupakan bentuk syukuran atas blogku yang sudah menemaniku hampir dua tahun belakangan ini :D Aku ucapkan terima kasih banyak atas kunjungan kalian ke blogku yang belum se-hits bloger lainnya. But I am really happy when someone read my blog! As simple as that.

Baiklah, untuk itu, hadiah yang akan kuberikan adalah...
Ada tiga paket, loh! Apa aja sih? Masing-masing paket untuk satu orang, ya. Dan demi kebahagiaan bersama, biaya ongkirnya saya yang tanggung :D

1. Voucher buku senilai Rp100.000,-
Yap. Jadi, yang menang voucher buku ini, boleh memilih judul buku yang ia suka di toko buku daring. Tapi, yang Indonesia aja, ya. Sayah masih belum bisa ngemodalin kalo belinya di TBO luar negerih. Heuheu.

2. Paket Kolpri If I stay Series.
Kalian tahu kan film If I Stay yang dibintangi oleh Chloe G. Moretz? Nah, aku mau menghibahkan koleksi seri ini kepada satu pemenang. Tapi, disclaimer, untuk buku keduanya aku punyanya cetakan yang lama. Hehe. Meskipun demikian, kuyakinkan kalian kalau keduanya masih sangat layak baca.

3. Paket Kolpri Teenlit (First Girl serta Golden Bird: Ultimate - Luna Torashyngu dan Starlight -  Dyah Ragil)
Nah, bagi kalian pecinta Luna Torsahyngu seperti aku, paket buku ini bisa menjadi pilihan. Hoho. Meskipun kolpri, kondisinya masih cantik dan ciamik, kok. Jangan khawatir! Staright-nya juga masih cantik kook.

Nah, berikut adalah persyaratannya:
1. Ikuti Prayrahayu's Book melalui GFC atau Bloglovin (boleh salah satu. Kalau mau dua-duanya juga boleh banget :P)
2. Ikuti akun twitter @Purahayu, @BBI_2011, dan @EventBBI
3. Bagikan postingan mengenai giveaway ini di media sosial yang kalian punya. Kalau di twitter, jangan lupa sertakan tagar #BBIHUT6 dan mention aku dan akun BBI di atas.
4. Di kolom komentar di bawah, silakan isi dengan format berikut: nama, domisili, akun twitter,  alamat email, link share, jawaban dari pertanyaan aku di no.5, serta harapan, kesan, atau pesan untuk BBI dan aku yang baru ultah. *Mon maap. Aku kan juga pengin diselametin. Haha.
Oh, ya. Tambahkan juga preferensi pemilihan paket yang kalian inginkan. MINIMAL dua pilihan. Contoh:
Nama: Puji P. Rahayu
.
Pilihan paket:
1. Paket 2
2. Paket 1

5. Apa destinasi wisata literatur yang akan kalian rekomendasikan untukku? Hehe. Boleh apapun ya. Mungkin toko buku keren, perpustakaan cantik, atau sekadar taman asyik buat nongkrong dan baca buku. Intinya sih, wisata perbukuan. Untuk jelasnya mengenai definisi dari wisata literatur, bisa baca postinganku sebelumnya di sini.
6. Memiliki alat pengiriman di Indonesia. Hoho. Soalnya aku nggak punya modal buat ngirim ke luar negeri. Hehe.

Gampang, kan? Nggak ribet koook. Bisa dilakukan sambil memejamkan mata. Giveaway ini akan diselanggarakan mulai dari 15 April - 30 April 2017. Yaap. lama bukan? Jadi, kalian bisa membuat rekomendasi yang ciamik buat saya. *ngarep banget.

Dengan demikian, selamat memilih dan bersenang-senang :D

Sincerely,
Puji P. Rahayu

Ps. Untuk postingan mengenai Giveaway Hop yang diselenggarakan oleh anggota BBI lainnya, bisa dibaca di sini.

BBI HUT 6 Marathon: Tujuan Wisata Literatur Impianku

Well, hari ini adalah hari terakhir dari rangkaian BBI HUT 6 Marathon! Yeay! *kalau nggak salah, tapi. Hehe xD

#BBIHUT6


Nah, untuk postingan terakhir ini, aku tertarik dengan tema Wishlist Destinasi Wisata Literatur (Literatourism). Sebelum aku membuat postingan ini, aku mencari dulu arti sebenarnya dari Literatourism. Berikut merupakan definisi dari literatourism yang berhasil aku temukan.

Literary tourism is a type of cultural tourism that deals with places and events from fictional texts as well as the lives of their authors. This could include following the route taken by a fictional character, visiting particular place associated with a novel or a novelist, such as their home., or visiting a poet's grave. Some scholars regard literary tourism as a contemporary type of secular pilgrimage. There are also long-distance walking routes associated with writers, such as the Thomas Hardy Way. -- Wikipedia.org

Hemm, menarik, kan? But, in someway, intinya adalah, wisata yang ada unsur perbukuannya. Untuk postingan kali ini, aku akan menggunakan definisi dari Wikipedia. *ceritanya udah lelah mikir. Hehe. 

Bailah, ini adalah beberapa wishlist untuk wisata literaturku. Yuk, disimak!

Aku tidak akan memungkiri kalau aku pengin banget ke sini. Sebagai pecinta Sherlock Holmes, otomatis tempat ini menjadi salah satu tujuan utamaku kalau aku melakukan wisata literatur. Konstruksi bangunan dan suasana yang terlihat nyata, membuatku penasaran banget sama museum ini.

Sumber gambar: visit London
2. Warner Bros. Studio Tour London - The Making of Harry Potter
London lagi? Kenapa enggak! Yap, untuk destinasi kedua adalah studio Warner Bros di London. Which is, surganya buat para pecinta Harry Potter! Ulala. Waktu aku ngelihat instagramnya Pottermore, pasti tempat ini muncul dan bikin aku pengin mengunjungi studio ini :" 

Sumber gamabar: Passrider
3. Gosho Aoyama Manga Factory
Setelah berandai-andai di London, sekarang giliran ke negara kepulauan di sebelah timur Asia. Apalagi kalau bukan Jepang. Baiklah, lagi-lagi aku harus mengaku kalau aku suka banget sama Detektif Conan. Jadi, museum yang didedikasikan khusus untuk Aoyama ini juga jadi salah sau wishlist-ku dalam berwisata buku. Di dalam museum, terdapat berbagai macam hal terkait karya dari Aoyama sendiri. Yang pasti, koleksi mengenai Detektif Conan akan mendominasi museum ini :D

Penampakan depan dari Gosho Aoyama Factory. Sumber gambar: Detective Conan World.
4. Museum Kata Andrea Hirata
Jadi, kebetulan kemarin temen aku lagi ada Kuliah Lapang ke Belitung. Terus, dia sempet main ke Museum Kata-nya Andre Hirata. Waktu aku lihat foto-fotonya di instagram, cantik banget :" Jadi pengin ke sana. Huhu. Museum ini diklaim sebagai museum literatur pertama yang ada di Indonesia. Wow!

Museum Kata Andrea Hirata. Sumber gambar: museumkataandreahirata.com
Nah, sudah. Empat destinasi saja yang kucantumkan. *karena malas cari gambar dan udah lieur. Sebenernya sih, banyak banget tempat yang aku kunjungi dalam rangka wisata literatur. Tapi, ini saja dulu. Hoho.

Kalau kalian bagaimana? Tempat apa yang akan kalian jadikan destinasi untuk wisata literatur? Let me know, ya.

Sincerely,

Puji P. Rahayu.

Resensi Buku: The Lunar Chronicles #2 Scarlet - Marissa Meyer


The Lunar Chronicles #2 Scarlet
Dapatkah kau percaya sepenuhnya terhadap orang yang baru kau kenal?

by Marissa Meyer

4 dari 5 bintang

Sumber gambar: Goodreads
Judul buku: Scarlet
Seri: The Lunar Chronicles
Penulis: Marissa Meyer
Penerjemah: Dewi Sunarni
Penyunting: Selsa Chintya
Proofreader: Titish A.K.
Design cover: @.hanheebin
Penerbit: Penerbit Spring
Tahun terbit: Februari 2016
Tebal buku: 444 halaman
ISBN: 978-602-71505-6-0
Harga: Rp81.500,- di Toko Buku Gunung Agung, Margo City, Depok.


Nenek Scarlet Benoit menghilang. Bahkan kepolisian berhenti mencari sang nenek dan menganggap Michelle Benoit melarikan diri atau bunuh diri. 
Marah dengan perlakuan kepolisian, Scarlet membulatkan tekad untuk mencari neneknya bersama dengan seorang pemuda petarung jalanan bernama Wolf, yang kelihatannya menyimpan informasi tentang menghilangnya sang nenek. 
Apakah benar Wolf bisa dipercaya? Rahasia apa yang disimpan neneknya sampai sang nenek harus menghilang?
Di belahan bumi yang lain, status Cinder berubah dari mekanik ternama menjadi buronan yang paling diinginkan diseluruh penjuru Persemakmuran Timur. Dapatkah Cinder sekali lagi menyelamatkan Pangeran Kai dan bumi dari Levana?


Informasi lebih lanjut dapat dibaca di:

Pernah membaca kisah Si Gadis Berkerudung Merah? Iya, gadis yang menjelahi hutan sendirian untuk bertemu neneknya. Yang pada akhirnya bertemu dengan serigala di tengah jalan. Yap, Scarlet, buku kedua dari seri The Lunar Chronicles ini merupakan sebuah retelling dari dongeng klasik tersebut. Masih ada si gadis berkerudung merah, nenek si gadis, hingga sang serigala. Akan tetapi, dalam hal ini konteksnya jauh berbeda.

Entahlah. Aku lupa sudah menyebutkannya atau belum. Yang pasti, awalnya aku sama sekali tidak memiliki pemikiran akan menikmati seri ini. Maksudku, aku bukanlah pembaca yang mudah tertarik dengan hype sebuah buku. Bisa dilihat kan kalau aku membaca buku ini di tahun 2017 bukannya di tahun 2016. Hal ini cukup menandakan bahwa aku tidak terlalu mengikuti seri ini.

Well, meskipun demikian, menurutku membaca seri The Lunar Chronicles di tahun 2017 bukanlah suatu hal yang salah. Mengapa? Karena, nyatanya aku malah jadi menikmati cerita ini sedemikian rupa. Yep. Aku malah ketagihan dengan kisah Cinder-Kai-Scarlet-Wolf ini. Ups, curhatnya kepanjangan. 

Jadi, seperti yang aku bilang di atas, Scarlet merupakan buku kedua dari seri The Lunar Chronicles. Merupakan sebuah bentuk retelling dari cerita Si Gadis Berkerudung Merah. Hoho. Alkisah, Scarlet Benoit yang tinggal di Rieux, Perancis, bersedih hati karena neneknya, Michelle Benoit menghilang. Scarlet begitu yakin neneknya diculik karena chip identitas milik neneknya dikeluarkan paksa dan ditinggalkan di kamarnya. Bagaimanapun caranya, Scarlet pun berusaha untuk mencari neneknya ke Paris. Dibantu oleh seorang petarung jalanan bernama Wolf, Scarlet pun memahami bahwa penculikan atas neneknya bukan penculikan biasa. Ada hubungan antara orang-orang Bumi dan juga Bulan. Kemudian, meskipun Wolf selalu menemani Scarlet kemana saja, Scarlet merasa ada sesuatu yang disembunyikan oleh Wolf. Sesuatu yang nyatanya bisa membuat siapapun tidak akan pernah lagi mempercayai Wolf.

Di lain sisi, Cinder bersama Thorne berusaha untuk bisa kabur dari penjara di New Beijing. Berbekal tangan baru Cinder yang diberi oleh Dokter Erland sebelum kepergiannya ke Afrika. Setelah melalui kejar-kejaran seru dan hampir tertangkap kembali, Cinder dan Thorne berhasil kabur menggunakan pesawat curian milik Thorne, pesawat perang asal Amerika Serikat, Rampion. Untuk sementara, Cinder dan Thorne aman dalam pesawat. Akan tetapi, beban Cinder yang berat--karena Kai akhirnya menerima aliansi pernikahan dari Levana--membuat Cinder mau tak mau harus berusaha sedemikian rupa untuk bisa mengatur strategi untuk dapat mengalahkan Levana. Bagaimanapun, Cinder lah pewaris sah takhta di Bulan karena dia adalah Selene, putri Bulan yang hilang. 

Sumber gambar: google, disunting oleh saya

***

Bagiku, membaca The Lunar Chronicles ini adalah candu. Mengapa aku mengatakan demikian? Karena pada akhirnya aku malah lebih tertarik membacanya ketimbang belajar UTS. Sungguh kebiasaan yang kebablasan. Hoho. Tapi aku nggak menyesal sih saat selesai membacanya. Menurutku, Marissa Meyer telah berhasil dengan baik membuat retelling yang tidak biasa. Ia benar-benar berhasil menciptakan dunia yang begitu kompleks. Adanya orang-orang Bumi dan Bulan membuatku jadi penasaran, bagaimana bisa semua hal itu mungkin terjadi.

Dari segi cerita, Scarlet sendiri memang lebih menantang daripada Cinder. Aroma action dari buku ini lebih kental terasa. Apalagi, ternyata Wolf memang bukan sekadar petarung jalanan. Dia adalah seorang Alpha dalam kawanannya. Tidak heran bila aura Wolf begitu mengintimidasi. Sedangkan, untuk Cinder sendiri, aku suka caranya bekerja sama dengan Thorne. At least, they get along well.

Mungkin, saat membaca Scarlet, kita akan dibuat bingung. Memang, apa hubungan antara Cinder dan Scarlet? Di awal-awal mungkin tidak terlalu terlihat. Akan tetapi, setelah masuk halaman 130-an, jawaban dari benang merah antara Cinder dan Scarlet akan terlihat. Yaa, aku tidak menyangka saja pada akhirnya seri ini begitu complicated. Meyer berhasil mencampur-adukkan dongeng serta kisah yang ia buat sendiri. Tentunya, kisah Cinder ini membuatku terpacu untuk membaca buku lanjutannya secepatnya--which is, sudah kulakukan. Apalagi, selain action yang terlihat, terdapat romansa yang khas dalams setiap kisah. Seperti Cinder-Kai dan Scarlet-Wolf. Untuk saat ini, yang paling sweet adalah Scarlet-Wolf. Akan tetapi, Pangeran Kai tetap menjadi idolaku. Hehe.

Pada intinya, kalau kalian mencari bacaan ringan tapi juga menantang, maka seri The Lunar Chronicles bisa menjadi pilihan.

Sincerely,

Puji P. Rahayu